Rabu, 24 November 2010

Anti Spirit of Success Goliat


ANTI SPIRIT OF SUCCESS GOLIAT
by Jonathan Prawira


Cara sukses bukan hanya belajar dari tokoh sukses. Alkitab memberi contoh-contoh kegagalan bukan untuk dihakimi, tetapi untuk dipelajari supaya kita tidak jatuh ke lubang yang sama. Raksasa dan pendekar Goliat adalah lambang kekuatan dan keahlian, dominasi, di atas kertas diunggulkan. Kisah kekalahan Goliat yang dramatis dari Daud, menginspirasi saya, bahwa dalam dunia ini, tidak ada hal yang tidak dapat dikalahkan. Pertanyaannya: faktor apa yang membuatnya kalah?


1 Samuel 17:10 "Aku menantang hari ini barisan Israel; berikanlah kepadaku seorang, supaya kami berperang seorang lawan seorang."
#1 MEREMEHKAN KEKUATAN LAWAN. Problem bukan untuk dianggap besar (kecil hati), tetapi juga bukan untuk dianggap remeh (tinggi hati). Lebih baik jangan menunda-nunda untuk mengeliminasi problem sebelum keburu besar dan rumit.

1 Samuel 17:43-44 Orang Filistin itu berkata kepada Daud: "Anjingkah aku, maka engkau mendatangi aku dengan tongkat?”Lalu demi para allahnya orang Filistin itu mengutuki Daud. Pula orang Filistin itu berkata kepada Daud: "Hadapilah aku, maka aku akan memberikan dagingmu kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang di padang."
#2 MEMBANGKITKAN KEMARAHAN LAWAN. Seringkali problem besar dan lama terjadi karena saling membela harga-diri yang merasa terinjak. Macan yang tidur tetap lebih berbahaya daripada kucing yang ribut. Mengalah dalam hal yang tidak prinsip menghindarkan diri dari peperangan yang tidak perlu.

1 Samuel 17:49 lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.
#3 LALAI MENUTUPI KELEMAHAN. Jalanan berlubang kelihatannya sepele, tetapi bisa menyebabkan Sophan Sophiaan -- artis dan tokoh besar -- meninggal. Mike Tyson kalah dari Evander Holyfield bukan karena kalah kuat, tetapi karena kalah sabar. Di mana lubang Anda? Tambal segera.

1 Samuel 17:52-53 Ketika orang-orang Filistin melihat, bahwa pahlawan mereka telah mati, maka larilah mereka. Maka bangkitlah orang-orang Israel dan Yehuda, mereka bersorak-sorak lalu mengejar orang-orang Filistin sampai dekat Gat dan sampai pintu gerbang Ekron. Dan orang-orang yang terbunuh dari orang Filistin bergelimpangan di jalan ke Saaraim, sampai Gat dan sampai Ekron. Kemudian pulanglah orang Israel dari pemburuan hebat atas orang Filistin, lalu menjarah perkemahan mereka.
#4 GAGAL MEMPERHITUNGKAN AKIBAT TINDAKANNYA. Setiap tindakan selalu mengandung konsekuensi. Hindarkanlah diri kita dari melakukan tindakan-tindakan yang resikonya besar, tetapi hasilnya tidak sepadan.

Biarlah Goliat-Goliat masa kini (pahlawan, pendekar, pejuang, raksasa bisnis) memaksimalkan keunggulan dengan bijaksana di mata manusia dan berkenan di hadapan TUHAN. Bagaimana caranya? Minta petunjuk TUHAN melalui penyembahan kita.

Salam inspirasi dari worship for success partner Anda - JP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Power of Worship & Inspiration © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates