Rabu, 24 November 2010

Spirit of Success Yosua


SPIRIT OF SUCCESS YOSUA
by Jonathan Prawira

Krisis artinya jumlah sumber tidak bisa memenuhi kebutuhan si pemakai. Krisis keuangan bukan berarti uang sedang lenyap dari dunia. Tetapi sumber keuangan yang ada tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan si pemakai uang. Bagaimana kita bisa memperoleh keberhasilan dan keberuntungan di tengah krisis semakin menghebat? Saya memperoleh inspirasi dari Yosua:


Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri [dari tujuan], supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung – (Yosua 1:7-8)

Janganlah menyimpang ke kanan dan ke kiri [dari tujuan]
#1 Miliki tujuan supaya kita terfokus. Tidak mudah dialihkan. Baik oleh hal-hal yang tidak mendukung tujuan, atau bahkan oleh jalan sukses orang-lain.

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh
#2 Punya kemauan kuat. Tujuan itu penting sekali supaya tidak membuang waktu dan tenaga kita. Seseorang memiliki tujuan besar tanpa kemauan yang besar, bisa kalah sukses denganorang yang hanya bermodal kemauan besar untuk bekerja keras.

Bertindaklah hati-hati
#3 Punya perbedaan dan keunggulan. Jangan asal menjadi berbeda karena perbedaan saja tidak cukup. Strategi blue ocean bisa segera dikejar oleh red ocean. Mengapa? Karena sama-sama di laut. Misalnya terobosan roti abon sapi di satu bakery bisa segera diikuti oleh bakery lainnya. Terobosan ayam goreng tepung di satu fastfood bisa segera diikuti oleh fastfood lainnya. Jadilah lebih unggul. Strategi berkualitas blue sky sulit dikejar atau ditiru oleh red ocean. Mengapa? Karena yang satu bisa dilewati kapal, tetapi yang lainnya hanya dapat dilalui oleh pesawat terbang. Misalnya meskipun sama-sama roti abon sapi atau ayam tepung tetapi rasa roti abon sapi dan ayam goreng tepung itu tidak bisa ditandingi.

Renungkanlah itu siang dan malam
#4 Tidak cepat berpuas diri pada kemenangan. Tetapi senantiasa mencari cara meningkatkan (mengupgrade) diri untuk mengalami kemenangan berikutnya. Dahulu Pizza Hut telah berhasil dikenal sebagai ahlinya pizza. Sekarang Pizza selalu menyediakan menu-menu bervariasi. Namun kalau diperhatikan, bahan-bahan menu baru itu berasal dari bahan yang kurang-lebih sama untuk pizza. Jadi peningkatan tidak mesti berarti mengobrak-abrik yang sudah lama, melainkan bagaimana membuat apa yang ada menjadi lebih efektif saja.

Salam inspirasi dari worship for success partner Anda - JP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Power of Worship & Inspiration © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates