Selasa, 23 November 2010

Kepala dan Bukan Ekor di Marketplace


KEPALA DAN BUKAN EKOR DI MARKETPLACE
 by Jonathan Prawira

TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia (Ulangan 28:13)



Terinspirasi dari janji TUHAN kepada Musa, saya selalu mendoakan orang yang saya layani, supaya menjadi kepala dan bukan ekor di marketplace. Ini tidak berarti seseorang harus menjadi pemimpin atau Bos. Karena tidak semua orang dipanggil menjadi pemimpin.

Contohnya: pangeran Yonatan. Ia adalah anak raja yang secara legalistik berhak menggantikan raja Saul. Namun ia mengerti, bahwa Daud-lah yang memiliki segala yang dibutuhkan untuk menjadi raja yang baik bagi bangsanya. Sehingga Yonatan menjalankan panggilannya menjadi king-maker, menolong Daud menjadi raja. Dan Yonatan berhasil! Ia sukses, sekalipun harus mengorbankan nyawanya. Siapa berani menghina Yonatan sebagai orang gagal harus berhadapan langsung dengan Daud.

Contoh kepala yang bukan pemimpin bisa kita dapatkan dari tokoh perang Sam-Kok. Yang paling terkenal sampai saat ini, bukanlah rajanya melainkan penasihat militernya. Strategi perang Sun Tzi (The Art War of Sun Tzi) yang membuat rajanya memenangkan perang, sampai saat ini masih diaplikasikan di persaingan bisnis modern.

Menjadi kepala di marketplace berarti menjadi nomor satu di bidangnya. Tidak menjadi ekor, artinya tidak menjadi trend-follower melainkan trend-setter. Memiliki spirit menjadi nomor satu bukan bertujuan mengenyahkan pesaing lain. Melainkan bertujuan memacu otak kita agar berpikir kreatif, roh kita agar bersikap responsif, mulut kita agar berbicara positif, dan tangan kita agar bertindak inovatif. Sehingga hidup kita selalu lebih maju, lebih tinggi, lebih luas, dan lebih banyak daripada sebelumnya [“selalu naik dan bukan turun”]

Terpanggil seperti Yonatan -- melalui setiap pelayanan -- kami berusaha menjadikan Anda kepala dan bukan ekor di bidang Anda masing-masing. Kesuksesan kami adalah ketika Anda sukses material dan sukses spiritual secara seimbang.

Salam inspirasi dari worship (for success) partner Anda - JP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Power of Worship & Inspiration © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates