Rabu, 24 November 2010

Berkat Tuhan yang Menjadikan Kaya #3

INSPIRASI LAGU BERKAT TUHAN YANG MENJADIKAN KAYA #3
By Jonathan Prawira

Bapa tiada kuragu akan kasihMu / yang bersedia brikan segalanya / Bapa Kau lah yang tahu smua yang kuperlu / sebelum ku mengatakannya / sperti burung di udara Kau pun plihara / terlebih hidupku Kau pandang berharga / dalam sgala perbuatanku aku percaya / hanya berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya




Berkata-katalah kepada Bapa, bukan dengan sikap seakan-akan Ia belum tahu. Berkata-katalah kepada Bapa, dengan sikap Ia rindu berkomunikasi dengan kita. Sebab saya membayangkan, setiap kali kita bercerita tentang apapun, Ia pasti menjawab, “Ya, Anakku, Aku sudah tahu. Tapi Aku senang, setiap kali engkau menceritakannya kepadaKu.”

*****

Mazmur 37:18 TUHAN mengetahui hari-hari orang yang saleh, dan milik pusaka mereka akan tetap selama-lamanya;

TUHAN tahu, manfaat kesalehan bagi kita. Kesalehan di tengah dunia market-place dikenal sebagai integritas. Orang yang memiliki integritas tidak akan kehilangan rezeki. Mengapa? Sekalipun orang-orang fasik memandang rendah pentingnya integritas, tetapi kenyataannya dunia tetap memerlukan orang-orang berintegritas yang bisa dipercaya dan memberi rasa aman dalam bisnis mereka.

*****

Ketika ada yang memfitnah atau menggosipkan Anda, dan orang-orang sampai berkata, “Tidak mungkin ia seperti itu.” Itulah integritas. Itulah kuasa kekudusan di marketplace.

*****

Hanya satu hal yang TUHAN izinkan untuk membatasi kemaha-tahuanNya. Ia menyerahkan semua kepada kehendak bebas kita.

*****

Mazmur 38:10 Tuhan, Engkau mengetahui segala keinginanku, dan keluhku pun tidak tersembunyi bagi-Mu;

TUHAn tahu apa yang kita inginkan. Tidak ada salahnya menginginkan sesuatu. Yang salah, jika kita hanya mengejar apa yang kita inginkan, tanpa memikirkan konsekuensi apa yang kita tanggung, jika kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadi kalau perlu, catat semua yang kita inginkan, dan serahkan kepada TUHAN, karena Dialah yang tahu mana keinginan kita yang tidak membahayakan diri kita sendiri kelak.

*****

Apa artinya BAPA tahu? Bapa tahu seberapa berat masalah kita. BAPA tahu jalan keluar masalah kita. BAPA tahu kita memerlukanNya. BAPA tahu siapa yang bersalah atas masalah kita. BAPA tahu bagaimana menyelamatkan dan memulihkan kita. BAPA tahu kapan harus menyatakan keadilan. BAPA tahu cara membalas dan menghukum yang bersalah pada kita. BAPA tahu apa yang harus kita lakukan.

*****

Mazmur 69:6 Ya Allah, Engkau mengetahui kebodohanku, kesalahan-kesalahanku tidak tersembunyi bagi-Mu.

Mengapa kita tidak perlu gengsi kepada TUHAN atau self-defense? Dia tahu segala kebodohan (ketidakmampuan berpikir) dan kesalahan (ketidakmampuan bertindak). Tapi bagaimanapun, Ia tetap mengasihi kita, serta memutuskan untuk menyelamatkan kita.

*****

Ketika TUHAN tidak bertindak apapun terhadap suatu dosa, itu bukan karena Ia tidak tahu. Ia tahu, tetapi Ia sedang memberikan kesempatan terakhir kepada orang tersebut. Apakah orang itu akan membuat kejahatan itu genap jumlahnya untuk menerima hukuman kekal atau apakah orang itu akan bertobat dan memperbaiki kesalahannya. Kehendak bebas TUHAN berikan kepada manusia, supaya manusia bertanggung-jawab atas semua tindakannya.

*****

Mazmur 103:14 Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu.

Jika suatu saat orang fasik menghina, bahwa kita bukanlah siapa-siapa, tidak perlu membantah, tapi juga tidak perlu menerima perkataan itu. Karena mereka benar dan salah. Mereka benar, kita bukan siapa-siapa. Tetapi mereka salah, mereka juga bukan siapa-siapa di mata TUHAN. Sebagai orang yang sama-sama bukan siapa-siapa, tidak ada yang berhak menyombongkan diri.

*****

Jangan marah kepada orang fasik yang menyombongkan dirinya, menghina nama TUHAN, dan menyebarkan fitnah pada orang benar. Kalau TUHAN memang membela orang fasik, untuk apa Ia berusaha sampai mati untuk menyelamatkan orang benar? TUHAN tahu cara terampuh menghadapi orang fasik.

*****

Mazmur 139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.

TUHAN memperhatikan kita bukan karena Ia tidak mempercayai kita (walaupun memang seringkali kita tidak layak dipercaya). Tetapi karena Ia selalu merasa Ia adalah Bapa yang sedang menunjukkan kasih kepada anak-anakNya.

*****

Ilmu pengetahuan, adalah sebagian dari rahasia yang TUHAN izinkan supaya kita tahu. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan menunjukkan, betapa tak terbatasnya pengetahuan TUHAN.

*****

Mazmur 142:4 Ketika semangatku lemah lesu di dalam diriku, Engkaulah yang mengetahui jalanku. Di jalan yang harus kutempuh, dengan sembunyi mereka memasang jerat terhadap aku.

Ketika TUHAN berusaha membelokkan arah kita dengan segala cara, baik bujukan suara hati maupun penghadangan oleh tanganNya, itu bukanlah karena TUHAN berniat menghalangi keberhasilan kita. TUHAN senang melihat kemajuan kita. Tetapi itu karena TUHAN terlalu tahu bahaya apa yang sedang menanti kita, saatmana kita tidak mengetahuinya.

*****

Mengapa lebih penting BAPA yang tahu, daripada kita yang tahu? Tahu segalanya belum tentu membuat segalanya lebih baik. Banyak yang tahu makanan yang beracun, tetapi mereka tetap saja mengkonsumsinya. Banyak yang tahu perilaku yang membahayakan, tetapi mereka tetap saja melakukannya.

*****

Setahu saya, TUHAN biasanya diam ketika ada yang bertanya, “Kalau TUHAN tahu, mengapa TUHAN tidak mencegah kejadian buruk yang menimpa manusia?” Karena pengetahuan manusia terbatas untuk bisa mengerti jawabanNya. BAPA tidak pernah berjanji kita tahu semua yang Ia tahu. Tapi apa yang perlu kita tahu, kalau kita layak dipercaya untuk mengetahuinya, pasti diberitahukanNya.

*****

Mengapa TUHAN menunjukkan bahwa IA tahu. Sebab apa yang tidak kita ketahui membuat kita takut. Jadi saat kita sedang takut, ingatlah TUHAN tahu apa yang tidak kita ketahui. Jadi TUHAN berkata “Jangan takut, percaya saja.” karena orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang berani. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Power of Worship & Inspiration © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates