Rabu, 24 November 2010

Spirit of Success Warren Buffet: Nilai Kesederhanaan


NILAI KESEDERHANAAN:
SPIRIT OF SUCCESS WARREN BUFFET
edited by Jonathan Prawira

Mazmur 116:6a TUHAN memelihara orang-orang sederhana


JPartners, salah satu spirit of success adalah nilai kesederhanaan (simplicity). Sederhana (simple) bukan berarti tidak boleh menikmati kemuliaan serta harus menampilkan hidup susah hanya karena orang di sekitar kita susah. Hidup sederhana berarti tidak terlena oleh kemewahan. Hati sederhana berarti tidak terjebak bahkan terbeban oleh segala bentuk kerumitan yang menghalangi kelincahan gerakan kita, meskipun dunia mengatakan itu keren atau trend ataupun lambang status.

Warren Buffet, orang terkaya di dunia selain Bill Gates. Tokoh sukses di bidang saham yang telah mendonasikan 31 milyar US dolar ini menunjukkan makna sukses material (hidup berlimpah). Sukses berarti bisa menjadi berkat bagi orang lain. Ia memberikan contoh menarik nilai kesederhanaan, yang dikutip dari wawancaranya dengan CNBC:

Ia membeli  saham pertamanya usia 11 tahun dan membeli peternakan kecil usia 14 tahun dari hasil tabungannya mengantarkan suratkabar ● Sampai sekarang masih tinggal di rumah tiga kamar-tidur di Omaha sejak menikah 50 tahun yang lalu ● Mengendarai sendiri mobilnya kemanapun tanpa pengawal pribadi ● Tidak pernah terbang dengan jet pribadi, meskipun memiliki perusahaan jet pribadi terbesar di dunia ● Berkshire Hathaway perusahaannya, mengepalai 63 cabang. Namun, ia hanya menulis surat untuk memberikan CEO-nya target tahunan. Di luar itu, ia tidak pernah mengadakan pertemuan atau telepon reguler ● Hanya ada dua aturan bagi CEO-nya. Aturan #1 Jangan merugikan pemegang sahammu. Aturan #2 Jangan lupakan aturan #1 ● Tidak terdaftar di klub eksklusif manapun. Waktu senggangnya hanya dihabiskan di rumah dengan membuat pop-corn dan menonton televisi ● Pertama kali membuat janji, Bill Gates berpikir mereka tidak akan cocok sehingga hanya dijadwalkan setengah jam. Namun pertemuan pertama mereka ternyata berlangsung 10 jam. Sejak itu Bill Gates menjadi pengagumnya ● Tidak memiliki ponsel atau komputer di meja kerjanya.

Pesan inspirasionalnya di CNBC: ”Jauhkan diri dari berhutang di kartu kredit dan berinvestasilah pada diri kita sendiri. Bukan uang yang menciptakan manusia. Manusialah yang menciptakan uang. Hiduplah se-sederhana siapa diri Anda sesungguhnya. Jangan terikat merk, pakailah sesuatu yang membuat Anda merasa nyaman. Jangan tergantung pada apa kata orang, lakukanlah apa yang Anda rasa baik. Jangan habiskan uang pada hal yang tidak penting, berikanlah pada pihak yang benar-benar membutuhkannya. Pada akhirnya, ini adalah hidup kita. Mengapa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengendalikan hidup kita?”

Salam inspirasi dari worship (for success) Anda - JP

0 komentar:

Posting Komentar

 

Power of Worship & Inspiration © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates